Capaian Pembelajaran Lulusan

Berdasarkan Profil Lulusan yang telah dirumuskan dalam kurikulum 2025, maka lulusan Program Studi Teknik Geofisika Unila dituntut untuk memiliki 4 aspek capaian pembelajaran, yaitu aspek Sikap dan Keterampilan Umum yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi dengan mengacu sepenuhnya pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, serta aspek Pengetahuan dan Keterampilan Khusus yang ditentukan dan dirancang berdasarkan standar LAM TEKNIK, ABET, IABEE dan SKKNI dengan berbagai masukan dari Asosiasi Profesi Kegeofisikaan (HAGI = Himpunan Ahli Geofisika Indonesia), Stakeholder (Industri maupun Pemerintah) serta Alumni (mahasiswa lulusan Prodi). Sebagai program studi yang memiliki visi unggul pada bidang teknologi kebumian, khususnya kajian panas bumi dan mitigasi bencana geologi, kurikulum ini dirancang untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan global dan lokal, termasuk penguasaan teknologi eksplorasi panas bumi dan mitigasi risiko bencana geologi. Adapun rincian capaian pembelajaran Program Studi Teknik Geofisika Unila disajikan dalam sebagai berikut:

No Capaian Pembelajaran (CP) Sumber Acuan
I. Sikap
  1. Sikap Religius: Mampu menunjukkan sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari
  2. Etika dan Kemanusiaan: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Kontribusi dan Nasionalisme: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan kemajuan peradaban serta menunjukkan rasa nasionalisme dan tanggung jawab pada negara dan bangsa berdasarkan Pancasila
  4. Penghargaan Keanekaragaman: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat dan temuan orisinal orang lain
  5. Kerjasama dan Tanggung Jawab Profesional: Bekerjasama dengan baik, menunjukkan kepekaan sosial, mematuhi hukum, disiplin, dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang geofisika secara mandiri, khususnya dalam konteks pengembangan energi terbarukan dan mitigasi bencana
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
II. Pengetahuan
  1. Mampu menjelaskan konsep dasar Fisika, Geologi dan Matematika yang menjadi landasan geofisika
  2. Mampu menjelaskan konsep survei geofisika
  3. Menguasai konsep dan teori pengolahan data dan pemodelan kebumian, termasuk metode eksplorasi panas bumi dan analisis risiko bencana geologi
  4. Menguasai konsep dan teori penulisan dan komunikasi ilmiah bidang geofisika
ABET Criteria Geological and Similarly Named Engineering Program 2025-2026

IABEE Discipline Criteria for Earth and Energy Engineering Programs 2023

 

AAPGI 2023

  1. Mahir dalam ilmu teknik termasuk statika, sifat / kekuatan bahan, dan geomekanik
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar manajemen, bisnis dan kebijakan publik
  3. Mampu menguasai pengetahuan rekayasa untuk merancang solusi bagi masalah teknik geofisika dengan mempertimbangkan distribusi sifat fisik dan kimia dari bahan tanah, termasuk air permukaan, air tanah (hidrogeologi), dan hidrokarbon
  4. Mampu memahami efek dari proses alami di permukaan dan dekat permukaan serta dampak dari proyek konstruksi, eksplorasi, pengembangan, dan ekstraksi sumber daya alam, serta perbaikan akibatnya
  5. Mampu mengevaluasi dampak pembuangan limbah dan kegiatan masyarakat lainnya pada materi dan proses geofisika sesuai dengan tujuan program studi
III. Aspek Keterampilan Umum
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
  1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  1. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  5. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
IV. Aspek Keterampilan Khusus
  1. Mampu untuk memvisualisasikan dan memecahkan masalah geofisika dalam tiga dan empat dimensi
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip geologi, unsur-unsur geofisika, metode lapangan geologi dan teknik
  3. Mampu mendesain dan membuat rencana teknis untuk eksplorasi dan penelitian
  4. Mampu melakukan pekerjaan pengambilan data (data acquisition) berbagai metode geofisika
  5. Mampu melakukan kegiatan pengolahan data dan pemodelan data geofisika dengan perangkat lunak (software)
  6. Mampu melakukan interpretasi dan evaluasi data geofisika, serta inovasi di bidang geofisika, untuk tantangan di bidang panas bumi dan mitigasi bencana geologi
  7. Mampu mengkomunikasikan secara efektif hasil kajian geofisika baik lisan maupun tulisan
  8. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
ABET Criteria Geological and Similarly Named Engineering Program 2025-2026

 

IABEE Discipline Criteria for Earth and Energy Engineering Programs 2023

 

Kepmenaker No. 93 Tahun 2018 tentang Penetapan SKKNI pada jabatan Ahli Geofisika Panas bumi

 

AAPGI 2023

Dengan demikian, lulusan Program Studi Teknik Geofisika Unila tidak hanya memenuhi standar nasional dan internasional, tetapi juga siap berkontribusi dalam pengembangan energi terbarukan, khususnya panas bumi, serta mitigasi risiko bencana geologi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Bagikan ke: