visi misi

Visi dan Misi Jurusan Teknik Geofisika

 

Visi Prodi S1 Teknik Geofisika FT Unila adalah: “Pada Tahun 2025 Program Studi Teknik Geofisika Unila menjadi tiga terbaik di Indonesia” Visi ini dimaknai bahwa Prodi S1 Teknik Geofisika FT Unila akan menjadi tiga (3) terbaik Prodi Teknik Geofisika di Indonesia pada 2025. Pencapaian menjadi Prodi Teknik Geofisika terbaik dilihat dari bagaimana Prodi S1 Teknik Geofisiaka FT Unila menjalankan misi untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan  dalam renstra 2016-2020.

Berdasarkan kesatuan pencapaian visi institusi, maka visi Program Studi Teknik Geofisika sejalan dengan visi Fakultas Teknik dan visi Universitas Lampung. Beberapa capaian yang mendukung tercapainya visi Prodi S1 Teknik Geofisika, yaitu untuk menjadi program studi tiga terbaik di Indonesia dipaparkan di bawah ini:

  • Pertama

Universitas Lampung meraih Akreditasi A berdasarkan Ketetapan Badan Akreditas Nasioal Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK 2992/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 tertanggal 20 Desember 2016 dan meraih peringkat 13 terbaik webometric nasional.

  • Kedua

Pada usia yang ke 39 tahun, Fakultas Teknik telah memiliki 8 Prodi S1 dan 3 Prodi S2 dan 3 Program Diploma 3 (D3), dengan 174 orang staff dosen dengan 40 doktor (S3) dan 1 orang Profesor. Satu-satunya dosen yang bergelar Profesor adalah dari Prodi S1 Teknik Geofisika.

  • Ketiga

Saat ini Prodi S1 Teknik Geofisika mempunyai dosen sebanyak 12 orang dengan 10 orang dosen tetap PNS dan 2 orang dosen tetap non PNS dengan kualifikasi 58% S-2 dan 42% S-3.

  • Keempat

Pada 3 tahun terakhir, kegiatan penelitian dosen Prodi S1 Teknik Geofisika memperoleh dana sebesar Rp. 3,420 Milyar dari berbagai skim Hibah dan kerja sama.

Oleh karena itu, visi Prodi S1 Teknik Geofisika yang ditetapkan berdasarkan capaian yang ada dan dukungan sumber daya yang kuat adalah realistis untuk diwujudkan. Untuk memujudkan Visi di atas, Prodi S1 Teknik Geofisika menetapkan seperangkat misi yang telah ditetapkan Program Studi yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian geofisika serta pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat;

  2. Mencetak insan akademik yang profesional dalam bidang geofisika, beretika tinggi, serta mengembangkan budaya akademik yang kondusif dan progresif; dan

  3. Menjalin dan meningkatkan kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan di tingkat daerah, nasional dan internasional.

Sesuai visi dan misi Program Studi kemudian ditetapkan tujuan dari penyelenggaraan pendidikan geofisika di Program Studi Teknik Geofisika Unila, yaitu:

  1. Menghasilkan Sarjana Teknik Geofisika dengan kualitas tinggi yang bercirikan:

    1. Bermoral Pancasila, berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

    2. Bermoral akademik tinggi;

    3. Berilmu pengetahuan tinggi, terampil, profesional, dan mampu berperan dalam pembangunan yang berkaitan dengan bidang geofisika dan ilmu kebumian lainnya;

    4. Mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada umumnya dan khususnya dalam bidang Teknik Geofisika;

    5. Berwawasan wirausaha dalam bidang Teknik Geofisika; dan

    6. Berbekal disiplin dan etos kerja yang tinggi.

  2. Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada bidang Teknik Geofisika;

  3. Mengembangkan program akademik bidang Teknik Geofisika yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman;

  4. Mengembangkan pendayagunaan kepakaran dan potensi Program Studi  Teknik Geofisika untuk penggalangan dana dalam rangka mendukung peningkatan kinerja Program Studi Teknik Geofisika;

  5. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama simetrikal dan sinergis dalam bidang Geofisika yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintahan atau swasta, di dalam dan luar negeri;