PROFIL JURUSAN

Profil Jurusan Teknik Geofisika

Fakultas Teknik

Universitas Lampung

Awal mula berdirinya Program Studi (Prodi) S1 Teknik Geofisika adalah Kelompok Bidang Keahlian (KBK Geofisika) pada Prodi S1 Fisika Fakultas MIPA berdasarkan SK Dirjen Dikti No 55/DIKTI/KEP/1998, tanggal 23 Februari 1998. Sedangkan pendirian Prodi S1 Teknik Geofisika diawali dengan diterbitkannya SK DIKTI No. 317/D/T/2007 tanggal 13 Februari 2007 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi S1 Geofisika  pada Universitas Lampung (Lampiran 1a), pada saat itu di bawah naungan Jurusan Fisika, Fakultas MIPA. Sejak tahun 2007, Prodi S1 Geofisika telah menerima mahasiswa.  Dosen yang mengampu di Program Studi ini berjumlah 10 orang dan dibantu dosen dari program studi lain. Namun demikian ada edaran SK Dirjen Dikti 163/Dikti/Kep/2007 tentang penataan dan kodifikasi program studi, maka Rektor Universitas Lampung mengambil kebijakan bahwa Prodi S1 Geofisika dipindahkan ke Fakultas Teknik sesuai dengan SK Rektor nomor 128/H26/DT/2009 tanggal 25 Mei 2009 (Lampiran 1b). Dan pengalih tugasan 10 orang dosen melalui SK Rektor No 174/H26/KP/2009 tanggal 1 Juli 2009 dari Prodi S1 Geofisika Fakultas MIPA ke Prodi S1 Setara Jurusan Teknik Geofisika di Fakultas Teknik.

Saat ini Jurusan Teknik Geofisika terdiri dari 1 program studi, yaitu Prodi S-1 Teknik Geofisika. Jabatan Ketua Prodi S-1 dirangkap oleh Ketua Jurusan Teknik Geofisika. Tata Pamong Prodi S-1 Teknik Geofisika terdiri dari ketua jurusan/prodi, sekretaris jurusan/prodi, kepala laboratorium, tim penjaminan mutu progra studi, dan dosen yang berada di dalam peer group.

Struktur Organisasi Prodi S-1 Teknik Geofisika

Penerimaan mahasiswa baru Program Studi Teknik Geofisika dilakukan melalui 4 jalur penerimaan yang diprogramkan oleh Universitas Lampung. Jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut meliputi:

1) Jalur Undangan/Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),

2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),

3) Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP),

4) Ujian Mandiri (UM),

Profil mahasiswa angkatan 2013-2016 berdasar jalur masuk Prodi S-1 T. Geofisika

Prodi S1 Teknik Geofisika Unila telah merumuskan kompetensi lulusan yang didasarkan pada visi, misi dan strategi yang ingin dicapai berlandaskan pada kajian terhadap tiga unsur yaitu nilai-nilai yang dicanangkan oleh perguruan tinggi (university values), visi keilmuan dari program studi (scientific vision), dan kebutuhan masyarakat pemangku kepentingan (need assesment) yang telah memenuhi 5 elemen dalam Kepmendiknas No. 045/U/2002, PP no. 17 tahun 2010 dan Undang-undang Perguruan Tinggi UUPT No. 12 Tahun 2012 yang mengacu kepada KKNI.

Berdasarkan uraian di atas, lulusan Teknik Geofisika Unila diharuskan mempunyai kompetensi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan metode-metode geofisika khususnya dalam bidang Geofisika Eksplorasi, Geofisika Mitigasi Bencana Geologi, Geofisika Teknik dan Lingkungan, serta Geofisika Pemodelan.